Sejarah

Januari 1993 - 1995

P2R2B - BPIS

Pusat Pengembangan Rekayasa Rancang Bangun

Pertama kali berdiri di bawah kerjasama Biro Teknologi Rekayasa Rancang Bangun BPIS dengan direktorat TKKE-TIEML-BPPT sebagai sebuah grup enjiniring. P2R2B melakukan pekerjaan enjiniring khususnya di ranah pembangkitan listrik. Selain nama resminya, tim ini mulai dikenal juga dengan nama Engineering Center.

 

Pertengahan 1995 - 2001

PRRB - BPPT

Pusat Rekayasa Rancang Bangun

Mulai pertengahan 1995 tim ini dikelola di bawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hingga saat ini.
PRRB Melakukan aktivitas awalnya dalam desain enjiniring Pembangkit listrik tenaga nuklir AP600 untuk perusahaan Westinghouse Electric, AS. Desain enjiniring yang dibuat untuk Westinghouse Electric melingkupi pembangunan turbin dan sampai saat ini masih terus bekerja sama. Berdasarkan perkembangan serta peningkatan kemampuan dalam desain enjiniring, tim ini berubah menjadi unit teknis pada April 2001.

 

April 2001 - 2015

BRDST - BPPT

Balai Rekayasa Disain dan Sistem Teknologi

BRDST diresmikan oleh presiden ke-5 sebagai unit teknis BPPT yang memiliki tugas utama mencakup Riset, Pengembangan, Enjiniring dan Pengoperasian teknologi bidang energi (bahan bakar, kelistrikan, petrokimia, dll)

Fokus

  • riset teknologi untuk energi dan bahan bakar nabati(khususnya biodiesel)
  • pengembangan dan desain proses
  • analisa laboratorium untuk bahan bakar nabati
  • evaluasi disain enjiniring pada industri kelistrikan, industri proses, industri minyak & gas, serta proyek energi terbarukan
  • promosi, advokasi dan diseminasi untuk edukasi masyarakat

 

Januari 2016 - saat ini

BTBRD - BPPT

Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain

Unit ini terlahir kembali dalam reorganisasi BPPT dengan tugas untuk melaksanakan kegiatan pelayanan teknologi bahan bakar dan rekayasa disain. fokus bisnis BTBRD masih sama dengan struktur organisasi sebelumnya. Adapun perubahan terjadi pada perluasan fokus di ranah bahan bakar termasuk batu bara (bergabung dengan bidang Fosil dari B2TE) dan pemindahan fungsi riset ke pusat yang menaungi BTBRD yaitu PTSEIK.

Fokus

  • Studi kelayakan dan desain kerekayasaan dalam bidang energi, industri kimia, dan agroindustri
  • Pelayanan jasa konsultasi dan pelatihan dalam bidang teknologi bahan bakar dan rekayasa desain
  • Pelayanan jasa pengujian bahan bakar yang terakreditasi