• 021 7563213
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Caesar II

CAESAR II adalah software untuk Pipe Stress Analysis yang mampu mengakomodasi kebutuhan perhitungan analisis stres pada perpipaan. Software ini sangat membantu dalam kegiatan engineering, terutama mechanical design dan piping system. Caesar II dapat membuat model sistem pemipaan dengan menggunakan “simple beam element” kemudian menentukan kondisi pembebanan sesuai dengan kondisi yang dikehendaki. Dengan memberikan/membuat inputan tersebut, Caesar II mampu menghasilkan hasil analisis berupa stres yang terjadi, beban, dan pergeseran terhadap sistem yang dianalisis. Salah satu kegiatan di BRDST adalah melakukan pengkajian dan penerapan di bidang stress analysis pada material konstruksi perpipaan. BRDST telah menggunakan software Caesar II sejak 1998 dan saat ini telah di-update ke versi 2013.

Gambar Pemodelan Pressure Relief dengan CAESAR II

Pipe Stress Analisis merupakan perhitungan stress pada sistem perpipaan yang terjadi akibat beban statik maupun dinamik pada pipa karena adanya massa/berat, tekanan dan temperature fluida di dalam pipa. Analisis ini dilakukan dengan tujuan agar sistem yang telah kita desain tidak mengalami overstress atau mengalami tegangan yang berlebih baik pada perpipaan itu sendiri maupun perpipaan yang terhubung dengan Mechanical Equipment (pompa, vessel/tank, compressor dll.) sehingga sistem perpipaan tersebut dapat beroperasi dengan optimal sesuai dengan yang diharapkan. Stress analysis pada sistem perpipaan dilakukan dengan tujuan untuk:

  1. Untuk menjaga tegangan/stress di dalam pipa dan fitings tetap dalam range yang diijinkan Code Standard.
  2. Untuk menghitung ‘design load’ yang diperlukan untuk menentukan jenis dan dimensi support dan restraints.
  3. Untuk menentukan displacement/perpindahan pipa dimana hal ini diperlukan untuk perhitungan pada nozzle-vessel pada mechanical equipment.
  4. Untuk mengatasi masalah getaran pada sistem perpipaan.
  5. Untuk membantu optimasi desain sistem perpipaan.

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain - BPPT