• 021 7563213
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Temperatur Distilasi #KKBBseries

Yak di #KKBBseries kali ini, kita akan membahas tentang Temperature Distilasi ya.
Distilasi pada tekanan atmosfer merupakan pengujian yang sangat penting untuk memaksimalkan produk distilat minyak bumi karena memiliki rentang titik didih yang sangat berbeda dengan minyak mentahnya. Temperatur distilasi juga memberikan informasi penting tentang komposisi, properti, dan karakteristik selama penyimpanan dan penggunaan. Ini mempengaruhi peraturan keselamatan serta penanganan dan kinerja bahan bakar berbasis hidrokarbon.
Pada umumnya minyak bensin memiliki rentang titik didih 35 – 200 derajat Celsius, avtur/ kerosin pada 150 - 300 derajat Celsius dan minyak solar pada 180 – 370 derajat Celsius pada tekanan atmosferik. Parameter tersebut merupakan salah satu parameter yg digunakan untuk menguji spesifikasi bahan bakar yang dipasarkan di Indonesia sesuai standar mutu yang berlaku. Metode penentuan rentang titik didih bahan bakar menggunakan metode uji ASTM D86 yaitu Standard Test Method for Distillation of Petroleum Products and Liquid Fuels at Atmospheric Pressure.
Pengujian ini juga dapat digunakan untuk menganalisis karakteristik minyak mentah, baik dari minyak bumi maupun minyak jenis baru dari hasil penelitian seperti minyak hasil perengkahan biomasa ataupun minyak mentah berbasis bahan bakar nabati lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain - BPPT