• 021 7563213
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Titik Nyala #KKBBseries

Kali ini kita akan membahas tentang flash point. Yang kepo boleh cari-cari dulu di internet. Eh tapi bukan tentang serial action ya… tapi tentang salah satu parameter bahan bakar yang harus diketahui.
Flash Point atau Titik nyala adalah suhu terendah di mana cairan dapat mengeluarkan uap untuk membentuk campuran yang dapat terbakar di udara dekat permukaan cairan. Semakin rendah titik nyalanya, semakin mudah menyalakan bahan tersebut.
Titik nyala bahan bakar dapat menunjukkan tingkat keamanan dalam penanganan dan penyimpanannya. Menurut standar NFPA 30, bahan bakar dapat dikategorikan sebagai flammable (mudah menyala) ataupun combustible (mudah terbakar) berdasarkan titik nyalanya. Hal ini sangat membedakan bagaimana perlakuannya pada saat pengiriman, baik melalui transportasi darat, laut, dan udara, maupun dalam standar penyimpanannya.
Titik nyala suatu bahan bakar dapat diketahui melalui pengujian laboratorium dengan metode ASTM D93. Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan pengujian titik nyala silahkan hubungi kami.

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain - BPPT