• 021 7563213
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sosialisasi Pedoman Umum Penanganan dan Penyimpanan Biodiesel dan campuran Biodiesel (B30)

Pada Kamis, 3 Juni 2021, Ditjen EBTKE bekerja sama dengan BPPT RI mengadakan acara Sosialisasi Pedoman Umum Penanganan dan Penyimpanan Biodiesel dan campuran Biodiesel (B30) di Tangerang Selatan. Acara ini dihadiri oleh industri tambang, pembangkit, otomotif dan transportasi, serta kementerian ESDM (Direktorat Bioenergi, P3TEK, Lemigas), BPDP sawit, PT Pertamina, PT KAI, PT PLN dan Komtek Bioenergi, IKABI, APROBI, Gaikindo, IMA, ASPINDO, INSA, Hinabi, Alsintani, secara offline dengan prokes COVID-19 dan juga online.
Dalam sosialisasi dibahas mengenai pentingnya menjaga kualitas biodiesel, minyak solar dan campuran biodiesel (B30); manajemen penerimaan, penanganan, pencampuran, penyimpanan dan penyalurannya; pemilihan material logam dan elastomer dalam penggunaan B30; serta testimoni penggunaan B30 di sektor industri tambang, pembangkit listrik, otomotif dan transportasi kereta api. Acara ditutup dengan rekomendasi sistem suplai bahan bakar B30 di Indonesia.
Dengan sosialisasi ini diharapkan semua pihak dalam rantai pasok B30 dapat sama-sama menjaga kualitas B30 hingga pemakaian serta menyukseskan program implementasi B30 di Indonesia.

Buku Pedoman Umum Penanganan dan Penyimpanan Biodiesel dan campuran Biodiesel (B30) dapat diunduh di tautan berikut https://s.id/BukuPedomanB30


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain - BPPT